tanda bos sasis atau swing arm rusak pada sepeda motor vixion


Motor vixion terasa goyang-goyang di bagian belakang saat berjalan apalagi saat nikung ? cek kondisi bos swing armnya dan con rodnya. Gejala bos swing arm goyang ketika motor tidak stabil saat berjalan terutama di kecepatan tinggi dan ketika nikung seperti ban kempes. Di swing arm belakang vixion ada dua bagian yang harus di perhatikan yaitu di bos arm dan con rod alias dudukan sokbreker belakang.
 tanda-bos-sasis-atau-swing-arm-rusak-pada-sepeda-motor-vixion

Bgaimana tanda-tanda bos swing arm sudah rusak ? bos swing arm terdiri dari dua collar dan dua bearing bambu, jika salah satu atau bahkan keduanya sudah aus maka motor akan terasa goyang-goyang di bagian belakang, saat motor di standar tengah kemudian swing arm kita goyang ke kanan-kiri akan terasa ada bagian yang rusak, artinya bearing bos swing arm sudah bermasalah.

penggantian bos swing arm ini tergolong lumayan biayanya, untuk ganti dua collar dan bearing bambu bisa habis sekitar 118ribu belum termasuk ongkos pasang yang dipatok rata sekitar 50ribu.
jenis alat servis motor
Jangan tunda jika motor sudah terasa goyang segera bawa ke bengkel biar dicek. Kalau mau cek sendiri bisa seperti yang sudah di jelaskn diatas.
Untuk mengecek bos swing arm dengan cara mengoyangkan roda belakang atau arm ke sisi kanan-kiri, jika terasa oblak maka bearing sudah aus, seperti saat mengecek bearing roda.
Sedangkan untuk mengecek kondisi con rod dengan cara menggoyang-goyangkan swing arm keatas dan kebawah, jika terasa oblak maka bearing sudah aus.

Kalau ditunda akan merembet ke con rod, dudukan bearing bambu sampai aus akirnya bukna hanya ganti bearing dan collar saja namun sekalian con rodnya yang harganya 188ribu, lumayan nambahnya.
Template by DSM