inilah penyebab ban sepeda motor habis sebelah dan cepat gundul

Ban sepeda motor pada umumnya dibuat untuk bisa bertahan selama 1,5 hingga 2 tahun. Namun, karena beberapa kesalahan pada yang punya sepeda motor dalam merawat dan berkendara membuat ban sepeda motor lebih cepat botak atau gundul. 
dunia servis motor

Selalu menggunakan standar samping pada waktu parkir


ini adalah kebiasaan dan kesalahan ini merupakan salah satu yang paling banyak dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Standar samping memang lebih mudah,akan tetapi sekaligus juga membuat beban motor terpusat di satu sisi. 


Akibatnya shockbreaker terkena beban berlebihan dan akirnya menjadi condong ke kiri dan menekan ban sebelah kiri. Hal ini membuat bagian kiri ban semakin cepat aus. di samping itu banyak lagi yang menjadi korban akibat keseringan pakai setandar samping secara terus menerus termasuk bos sasis dan bagian setang kemudi.


akibat tekanan angin kurang pas


Tekanan angin ban untuk setiap motor bisa berbeda tergantung dari pabrik masing-masing. Jika tekanan yang ada tidak sesuai rekomendasi, maka ban motor akan semakin menapak ke aspal. Hal inilah yang membuat permukaan ban motor menjadi semakin cepat aus. dan akibat lainya bagian dalam ban akirnya akan hancur dan sering berganti ban dalam karena seringnya bocor.


Mengangkut beban berat yang berlebihan


Banyak orang yang menggunakan motor untuk mengangkut beban berat. Padahal, ketika beban yang diangkut melebihi bobot maksimum motor, maka dapat menimbulkan bahaya.


Dengan semakin bertambahnya beban, maka permukaan ban akan semakin tertekan pada aspal dan membuatnya melebar. Tentunya jika berlangsung terus, ban akan semakin cepat gundul. Karena itu sebaiknya perhatikan bobot maksimum yang dapat diangkut motor Anda.


Jarang membersihkan ban motor


Setiap harinya, Anda tidak tahu bahan kimia apa saja yang menyentuh permukaan ban motor saat berkendara. Padahal ada beberapa zat yang dapat membuat ban lebih cepat habis seperti cat, oli, bensin, air sabun, dan lain-lain. 


Karena itu sebaiknya rajin-rajinlah membersihkan ban motor Anda.
Saat membersihkan, hindari penggunaan sabun colek atau deterjen bubuk yang dapat mengurangi umur ban. Jika malas, cukup basahi dan sikat ban. Setelah itu bilas dengan air bersih.


Berkendara dengan kecepatan tinggi


Saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, Anda juga akan lebih mungkin mengerem secara mendadak dan dengan lebih sering. Mengerem dapat menambah beban pada ban, apalagi jika dilakukan secara mendadak. Karena itu, kebiasaan ini dapat membuat ban lebih cepat gundul.

yang paling utama dan terutama pakailah jenis ban yang terekomendasi atau gunakanlah ban yang sudah di sediakan oleh pabrikan terkenal, karena secara kualitas dan mutu pasti sudah terjamin.
Template by DSM