Secondary air sistim ( sistim udara paksa )

http://informasiniye.blogspot.co.id/
Secodaray air sistim atau Injeksi udara sekunder (umumnya dikenal sebagai injeksi udara paksa  ) adalah kontrol emisi gas buang kendaraan, strategi atau sistim ini diperkenalkan pada tahun 1966, dimana udara segar disuntikkan ke dalam aliran gas buang untuk memungkinkan pembakaran hasil dari gas buang kadar polusinya menipis .

Mekanisme emisi gas buang hasil pembakaran dikendalikan tergantung pada metode injeksi dan titik di mana udara di paksa masuk ke sistem pembuangan, dan telah banyak fariasi para produsen sepeda motor mengaplikasikan selama pengembangan teknologi.

Sistem pertama menyuntikkan udara yang sangat dekat dengan mesin, baik di port knalpot kepala silinder atau di exhaust manifold . Sistem ini menyediakan oksigen untuk mengoksidasi bahan bakar yang tidak terbakar dan sebagian terbakar di knalpot sebelum dikeluarkan dari knalpot. Ada bahan bakar yang tidak terbakar dan sebagian terbakar pada knalpot. sehingga injeksi udara segar secara signifikan mengurangi emisi knalpot.

Namun, panas ekstra recombustion, terutama dengan knalpot yang terlalu kaya akibat misfiring atau karburator yang tidak sesuai , cenderung merusak katup buang dan bahkan bisa terlihat menyebabkan knalpot manifold menjadi incandes .

Karena strategi pengendalian emisi tumbuh lebih canggih dan efektif, jumlah bahan bakar yang tidak terbakar dan sebagian terbakar di aliran knalpot menyusut, dan terutama ketika catalytic converter diperkenalkan, fungsi injeksi udara sekunder bergeser.

Alih-alih menjadi alat kontrol emisi primer, sistem injeksi udara sekunder disesuaikan untuk mendukung fungsi efisien catalytic converter.

sistem injeksi udara menggunakan baling-baling pompa disebut pompa udara , pompa AIR , atau bahasa sehari-hari "kabut asap pompa" diputar oleh mesin melalui sabuk atau motor listrik.

Kandungan bahan bakar karburator mesin karburator cenderung melonjak saat pengemudi mendadak melepaskan throttle . Untuk mencegah efek mengejutkan dan berpotensi merusak dari pembakaran bahan bakar mentah ini, katup penggerak digunakan.

Katup ini merasakan adanya peningkatan tajam pada variasi vakum manifold akibat penutupan throttle secara tiba-tiba, dan mengalihkan saluran pompa udara ke atmosfir. Biasanya udara yang dialihkan ini diarahkan ke mesin pembersih udara atau ke peredam terpisah untuk meredam suara pompa yang tidak menyenangkan.

injeksi udara udara segar juga bisa dicapai dengan memanfaatkan pulsa tekanan negatif pada sistem pembuangan pada mesin idle. Rakitan katup buluh yang sensitif yang disebut katup aspirator ditempatkan dalam pompa injeksi udara, yang menarik udara langsung dari sisi bersih saringan udara .

Selama mesin menganggur, pulsa tekanan dalam sistem pembuangan menarik udara melalui katup aspirator dan masuk ke aliran knalpot pada catalytic converter. Sistem ini, yang dipasarkan sebagai Pulse Air, digunakan oleh American Motors , Chrysler , dan pabrikan lain yang dimulai pada tahun 1970an.

Aspirator memberikan keuntungan dalam biaya, berat, kemasan, dan kesederhanaan dibandingkan dengan pompa, Namun fungsi aspirator hanya pada saat menganggur dan karenanya secara signifikan mengurangi udara dalam rentang kecepatan mesin yang jauh lebih sempit dibandingkan dengan pompa. Sistem ini masih digunakan pada mesin motor modern, misalnya Yamaha AIS (Air Injection System).
Template by DSM