cara sekir atau asah klep [ valve] yang benar

Dalam memperbaiki klep yang bocor atau mengganti klep baru hingga memperbaiki setelan klep perlu adanya langkah sekur atau sekir klep guna meratakan bagian payung klep serta sittingnya sehingga tidak menyebabkan timbulnya kebocoran. Lantas seperti apa cara sekir klep motor yang baik dan benar tersebut.
Masih banyak yang belum faham akan cara sekir klep motor, sehingga membuat klep bermasalah dan bocor. Tentu saja itu akan membuat berkendara menjadi kurang nyaman. Oleh karena itu  disini akan membagikan tips trik cara sekir klep motor,

Ada dua langkah sekir klep motor, yakni dengan manual atau memakai tangan dan memakai bor listrik.


Cara sekir klep motor memakai bor listrik :

  • Siapkan terlebih dulu bor listrik yang ukuran sedang.
  • Setelah itu pasangkan mata bor atau batang besi dengan ukuran sebesar gagang klep pad abor listrik tersebut
  • Carilah selang yang cukup seret dan masuk pada batang klep, selang disini bertujuan sebagai penghubung antara klep dan bor.
  • Olesi payung klep yang menyentuh siting klep memakai ginding paste atau amril, jangan terlalu banyak.
  • Amril sendiri ada dua type, yakni coarse dan fine end. Coarse sendiri pasta kasar dan fine pasta untuk prose menghaluskan. Jika melakukan pergantian klep, ada baiknya pakai amril kasar untuk perataan dan terakhir haluskan memakai pasta fine.
  • Lumasi bagian masukan klep dan batang klep, bisa memakai amril yang dicampur sedikit oli atau minyak tanah dan bisa juga dengan bensin agar tidak kental dan berat saat akan diputar.
  • Selanjutnya masukan selang pada batang klep dan bor lalu nyalakan guna memutar klep sembari sesekali diangkat dan tarik agar klep dan siting rapat. Lamanya proses skir tergantung, lakukan pengecekan sesekali dan ulangi proses skir jika masih kurang rata dengan melumasi kembali dengan amril.
  • Usahakan posisi klep dan bor lurus. Jika klep dan siting rata, akan terlihat goresan halus merata pada dua komponen tersebut. Matikan bor dan bersihkan klep dan sitting.
Cara sekir klep secara manual (menggunakan tangan) :

  • Langkah ini masih sama seperti yang pertama, namun tidak perlu dukungan bor.
  • Lalu putar memakai tangan, caranya pilin dengan kedua telapak tangan atau istilahnya digeleng-geleng.
  • Satu putaran ditarik gunanya sebagai penekan klep ke siting dan satu arak balik sembari diangkat gunanya sebagai peregang payung klep.
  • Jika klep dan siting dirasa sudah rata, anda bisa membersihkan keda komponen tersebut.

Cara mengecek kebocoran pada klep :

Cara ini ada baiknya di ketahui untuk mengetahui klep bocor atau tidak setelah proses skir atau jika ingin mengecek saat membongkar kepala silinder apakah terjadi kebocoran atau tidak.
Perhatikan posisi klep, per klep dan sil klep perlu terpasang rapi.
Kemudian arahkan posisi dari lubang In dan Ex ke atas lalu masukan bensin kedalam dua lubang tersebut.
Lalu lihat pada bagian payung klep apakah terdapat rembesan bensin atau tidak, kalau tidak ada bisa dipastikan klep tidak mengalami kebocoran.Demikianlah ulasan kami kali ini tentang cara sekir klep motor yang baik dan benar ini, semoga ulasan kami yang satu ini bisa memberi manfaat untuk semua
Template by DSM