proses bongkar pasang mesin motor


Pengertian bongkar mesin sepeda motor atau servis ringan sepeda motor, dan turun mesin sepeda motor atau servis berat :

servis ringan sepeda motor adalah perbaikan motor yang tidak perlu turun mesin sepada motor dari rangka atau sasis. Bongkar mesin sepeda motor meliputi pelepasan silinder head dan kepala silinder, serta melepas magnet pada bak mesin bagian kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli. Pengerjaannya meliputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga harus dibersihkan dengan cairan bersih.



Turun Mesin servis berat.
Turun Mesin, sesuai dengan tujuannya turun mesin mengharuskan mesin turun dari bagian rangka motor. dan mengerjakanya tidak dapat dilakukan jika mesin sepeda motor masih berada di rangka motor. umumnya turun mesin sepeda motor di lakukan karena ada pengerjaan pada bagian tengah mesin, seperti perbaikan pada poros engkol, transmisi, atau penggantian as kick starter.

Langkah Kerjanya siapkan alat-alatnya sebagai berikut:
  • kunci-kunci standar dan harus lengkap.
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit dan tracker kopling
  • bak ukuran kecil fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-bagian kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang fungsinya untuk tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin bagian kiri, bagian atas,bagian kanan dan bagian tengah.
  • bensin secukupnya buat membersihkan komponen mesin.
  • kain lap secukupnya buat membersihkan tangan, dan komponen mesin bila diperlukan.
  • balok kayu penyangga mesin jika mesin sudah diturunkan.
  • kompresor, buat membersihkan komponen yang sudah dibersikan dengan bensin agar terhindar dari sisa kotoran yang masih menempel.
  • buku panduan jenis motor yang akan di servis atau artikel ini dan bisa juga lewat contak us 
urutan proses bongkar mesin

setelah mesin di lepas dari unit sepada motor, makaproses pembongkaran mesin harus mengikuti prosedur dan secara berurutan yaitu;
mesin bagian kiri.
komponennya blok magnit, magnit, gear stater, rante stater.
mesin bagian atas.
langkah berikutnya membuka mesin bagian atas, komponennya rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep,
piston, blok silinder.
mesin bagian kanan.
setelah selesai embuka mesin bagian atas di lnjutan denan membuka mesin sebelah kanan, komponennya blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set.
mesin bagian tengah 
langkah terakir setelah membu mesin bagin kanan di lanjutkan membuka mesin bagian tengah, komponennya gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher.

gambar mesin bagian kiri,atas,kanan,tengah.
jangan lupa kumpulkan baut-baut dan komponen-komponen pada tempat yang berbeda, bagi mekanik pemula dan catatlah bagian-bagian yang dirasa belum dikuasai. untuk mekanik senior dan sudah ahli, koreksinya jika ada yang kurang dalam penulisan artikel ini.
sesuaikan dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat merakit kembali tidak salah.
setelah semua selesai dibongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen,gantilah part-part yang sudah aus dan rusak.
Susun secara berurutan dan sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan cairan pembersih, catat part-part yang rusak dan pisahkan pada tempat yang berbeda, lakukan perbaikan jika masih layak di pakai atau lakukan penggantian part yang rusak.

beberapa item part yang wajib di ganti pada saat belah mesin atau overhould adalah ;
  • gasket kit A (paking top set).
  • gasket kit B (paking full set).
  • oil seal stater kaki.
  • oil seal operan gigi tranmisi atau persnelling.
  • oil seal gear depan.
  • oli mesin 1 liter atau 0,8 l
urutan proses memasang atau merakit mesin.

Tahapan untuk merakit kembali mesin yang sudah di bongkar, adalah kebalikan dari proses pembongkaran mesin yaitu diawali dengan memasang :
  • Bagian tengah mesin.
  • Bagian kanan mesin.
  • Bagian atas mesin.
  • Bagian kiri mesin.
Hal-hal yang harus di perhatikan saat merakit mesin:

Bagian tengah mesin.
  • Letakan bak mesin bagian kanan dibawah, saat akan merakit tengah mesin, pastikan kick starter sudah tepat pada dudukanya.
Bagian atas mesin.
  • Atur posisi reng piston, sehingga ujung-ujung dari ring membentuk sudut 120 diantara ring kompresi 1, ring kompresi 2, dan ring oli, saat akan memasukan piston pada silinder.
  • Tepatkan piston di posisi TMA(titik mati atas) saat kepala silinder akan di pasang.
pastika semua komponen mesin bersih,saat dalam proses bongkar mesin, dan merakit mesin. lakukan proses perakitan secara berurutan sesuai prosedur diatas, tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari bagian tengah-bagian kanan-bagian atas dan bagian kiri.

setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sesuikan dengan ukuran yang direkomendasikan dari pabrik. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok-blok mesin.
Template by DSM