Cara memperbaiki aki kering dan aki basah mati 99% hidup kembali

Dijaman yang serba modern sekarang ini kelistrikan adalah hal utama untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, dari hal terkecil sampai terbesar semuanya rata-rata membutuhkan yang namanya Listrik. Baik itu rumah tangga, hotel, restaurant, gedung-gedung pencakar langit, pabrik-pabrik dan banyak lagi yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Contoh kecil dari pengganti listrik PLN adalah Baterai dan ACCU.


Fungsi Baterai dan AKI (ACCU) adalah sama yaitu mengubah energi listrik menjadi energi kimia (Charger) dan mengubah energi kimia menjadi energi listrik (Output). Karena banyak peralatan di dunia ini semua rata-rata menggunakan baterai dan juga Aki. Baterai dan Aki (ACCU) adalah alat yang menggantikan Listik PLN. 



Jenis baterai dan aki ada banyak sekali, tapi saya tidak akan membahas tentang jenis baterai dan aki untuk sekarang ini, ukurannya pun beragam dari yang paling kecil sampai yang paling besar dan harganya pun bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal. 

Contoh kecil adalah baterai motor yang bisa juga disebut aki (accu), rata-rata kendaraan bermotor yang sekarang ini menggunakan baterai kering ( Maintenance Free ) atau istilah lain bebas perawatan. Harganya pun tergolong sangat mahal sehingga muncul lah banyak sekali tutorial cara memperbaiki aki kering. Tapi tutor-tutor itu hanya membahas tentang cara menambahkan air aki saja, padahal aki kering hampir 80% itu jebol konektor sel nya. Jadi menambahkan air aki akan percuma untuk aki kering yang jebol.

Cara Memperbaiki Aki Kering Soak Karena Jebol Konektornya (Khusus Aki Motor). Pertama-tama siapkan dulu peralatannya :
  1. Aki Kering Soak/Mati dan Jebol. (wajib ada) 
  2. Gergaji besi. 
  3. Tang japit. 
  4. Solder (minimal 60 Watt). 
  5. Timah solder/Tinol. 
  6. (untuk membuat jalannya solderan pada sambungan tiap konektor) 
  7. Besi modif untuk mencongkel konektor yang jebol. 
  8. Jeruji motor yang sudah di modif menjadi pisau kecil. 
  9. Tester baterai (kalau tidak ada bisa menggunakan lampu kecil atau lampu led) Jangan pernah mengetes aki soak/mati/jebol dengan multitester, karena multitester adalah alat ukur akurat jadi walaupun akinya jebol/soak/mati aliran listrik didalam aki akan masih bisa dibaca oleh multitester. 
Waktunya eksekusi aki soak kita. Gergaji aki soak kita.


Bersihkan korosi pada setiap konektor aki lalu tes menggunakan tester aki ataupun lampu led, tes dari konektor satu ke konektor yang lain, arahkan kutup tester dari kolom satu ke kolom yang lain,jika ngetesnya dari kutup negatif (-) maka yang dijalankan adalah kutup positif (+) lakukan secara berurut. Jika tidak bergerak saat arahkan ke satu kolom coba diganti arah dari kutup positif (+) yang dijalankan kutup negatif (-) secara berurutan, jika ada yang bergerak jarumnya lakukan seterusnya sampai ada yang tidak bergerak jarum testernya maka yang tidak bergerak itulah yang jebol. (setiap aki mempunyai 6 kamar/kolom, dan setiap 1 kamar/kolom aki mempunyai 2 konektor) jika jarum tester ada yang tidak bergerak atau lampu led ada yang tidak menyala tandanya konektor tersebut jebol atau terputus dari konektor lainnya maupun dari sel aki itu sendiri. (lihat gambar) 

Kalau sudah ketemu konektor yang jebol congkel dengan besi secara perlahan, biasanya konektor yang jebol akan mudah ikut ketarik dengan besi congkel, jika dirasa susah untuk mencongkel jangan dipaksa dan hentikan congkelannya, lalu periksa sambungan konektor antara kolom konektor yang jebol dengan kolom konektor sebelahnya, kalau dipastikan renggang/putus bersihkan sambungan tadi dengan pisau kecil yang terbuat dari jeruji motor, bersihkan sebersih mungkin sampai terlihat timah konektor terlihat lalu solder dengan tinol sampai merata dan menyambung, untuk sambungan tinol antara satu kolom dengan kolom yang putus gunakan cutter untuk membuat jalannya tinol, ini dimaksudkan agar tutup aki bisa ditutup kembali dan tinol tidak mengganjal tutup aki. Tetapi jika dicongkel konektor mudah untuk ditarik, congkel sampai sedikit terangkat lalu tarik teng tang pencepit, lakukan dengan sangat hati-hati agar kaki sel tidak ikut patah karena jika kaki sel patah akan sulit sekali untuk menyoldernya bahkan bisa-bisa kita gagal menghidupkan kembali aki soak/mati kita. Jika sudah terangkat konektor yang jebol akan terlihat kaki-kaki sel nya (biasanya ada 4 kaki sel untuk kutup negatif dan ada 3 kaki sel untuk kutup positif). Bersihkan setiap sisi kaki sel dengan pisau jeruji sampai mengkilap dan terlihat timahnya, karena jika kurang bersih tinol tidak akan bisa menempel dengan maksimal.


lalu solder dengan tinol sampai merata dan menyambung, untuk sambungan tinol antara satu kolom dengan kolom yang putus gunakan cutter untuk membuat jalannya tinol, ini dimaksudkan agar tutup aki bisa ditutup kembali dan tinol tidak mengganjal tutup aki. Tetapi jika dicongkel konektor mudah untuk ditarik, congkel sampai sedikit terangkat lalu tarik teng tang pencepit, lakukan dengan sangat hati-hati agar kaki sel tidak ikut patah karena jika kaki sel patah akan sulit sekali untuk menyoldernya bahkan bisa-bisa kita gagal menghidupkan kembali aki soak/mati kita. Jika sudah terangkat konektor yang jebol akan terlihat kaki-kaki sel nya (biasanya ada 4 kaki sel untuk kutup negatif dan ada 3 kaki sel untuk kutup positif). Bersihkan setiap sisi kaki sel dengan pisau jeruji sampai mengkilap dan terlihat timahnya, karena jika kurang bersih tinol tidak akan bisa menempel dengan maksimal. 

Solder kaki sel yang sudah mengkilap tadi, sambungkan dengan tinol antara kaki sel satu dengan kaki sel yang lain. Hasilnya akan seperti pada gambar Sambungkan solderan kaki-kaki sel tadi dengan sambungan kolom konektor sebelahnya. Nah sekarang coba tes dengan tester aki pasti jarum tester akan bergerak jika menggunakan lampu led pasti lampu led akan menyala terang. Tapi jika jarum tester tidak ada pergerakan atau lampu led tidak menyala dipastikan masih ada konektor yang jebol atau mungkin sambungan setiap kolom konektor ada yang putus. Cari dan cari dan ulangi proses mulai dari awal lagi sampai ada jarum yang bergerak. jika sama sekali tidak ada jarum bergerak dijamin semua konektor jebol. (tapi hampir 90% konektor yang jebol adalah kutup negatif (-), biasanya konektor warna putih (-) dan warna hitam konektor (+)) Jika sudah ready dan dipastikan tidak ada konektor jebol dan sambungan kolom konektor yang putus, proses selanjutnya adalah menambahkan air aki racikan sendiri (yaitu air aqua 500ml dicampur dengan air zuur 250ml). 

Kemudian charge aki sampai penuh kurang lebih 2 jam pengecasan. Jika tidak ada charger aki langsung saja tutup aki dengan tutup aki yang sudah digergaji tadi dengan solder tapi sebelum menutup aki buang air akinya dulu, dan langsung pasang dimotor anda. lalu buat aja jalan-jalan biar ngecas akinya. Setelah pengecasan aki selesai buanglah air aki yang tersisa setelah proses pengecasan tadi. Langkah terakhir tutup penutup aki menggunakan solder dan pastikan tertutup rapat, karena jika masih ada rongga udara air aki akan tumpah pada body motor kita dan akan membuat korosi serta akan membuat body motor kita keropos. Perhatian : jangan pernah menggunakan air zuur murni kedalam aki bekas karena pasti akan merusak sel aki itu sendiri, karena air zuur khusus hanya untuk aki baru yang belum sama sekali digunakan alias greeees baru. Maaf sebelum dan sesudahnya jika ada gambar dan kata-kata yang tidak jelas. Nah sementara hanya itu yang bisa saya berikan proses CARA MEMPERBAIKI AKI KERING MOTOR YANG JEBOL KONEKTORNYA. Semoga bermanfaat dan pastinya bisa menghemat kantong kita. Lebih-lebih bisa membantu anda semua yang ingin buka service aki kering. Itung-itung cari pekerjaan susah jadi bisa menambah pendapatan kita.
Template by DSM