Cara kerja kopling motor manual,otomatis dan ganda

kopling merupkan alat pada sepeda motor yang berfungsi, meneruskan perputaran poros engkol ke tranmisi secara berangsur-angsur dan merata tanpa hentakan, dan dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dan tranmisi.
kopling terdiri atas dua bagian utama, rumah kopling (clutch outer drum) yang ikut berputar dengan poros engkol, di gerakan oleh roda gigi pada ujung poros engkol. pusat kopling, (clutch center) yang dipasang pada ujung poros utama versneling.


pada sepedah motor umumnya ada tiga jenis kopling yang biasa di pakai ;
  • kopling manual. 
  • kopling otomatis. 
  • kopling ganda. 
cara kerja kopling manual.
kopling yang bekerja secara manual yang di lakuakan penekanan oleh filter, saat si pengendara menekan handel kopling. mekanisme kerja kopling manual, pada saat hendel kopling di tekan, clucth lifter penahan presure plate melalui lifter plate.hal ini akan menghasilkan terjadinya keregangan antara plate kopling dan kampas kopling,sehingga putaran kopling menuju tranmisi dan roda belakang terputus.

proses berikutnya adalah, gigi tranmisi di masukan, kemudian handle kopling di lepas secara berlahan-lahan, pada saat tersebut terjadi plate dan kampas kopleng kembali merapat secara berlahan-lahan, sehingga putaran mesin menuju tranmisi kembali di hubungkan untuk selanjutnya di teruskan keroda belakang melalui rantai roda.

untuk mendapatkan cara kerja yang maksimal perlu dilakukan penyetelan baik pada handel kopling maupun lengan penekan.ukur jarak main bebas kopling, cara mengukur dengan memainkan tuas handle kopling maju mudur, dan perhatikan jarak bebasnya. 
( jarak main bebas standar : 10-20 mm) Lihat gambar.

Bila jarak main bebas kopling terlalu besar, pengoperasian atau pada waktu kita memasukan gigi tranmisi, akan susah masuk dan kendaraan akan cenderung meloncat pada awal star.
Dan bila jarak main handle kopling terlalu kecil, akan menyebabkan kopling mudah slip.


gambar jarak main bebas
bagian-bagian utama kopling manual; 
  • CLUCTH OUTER ; berputar mengikuti putaran poros engkol. 
  • CLUCTH DISK ; berputar mengikuti clucth outer( kampas kopling). 
  • CLUCTH CENTER ; berputar mengikuti mainshafth. 
  • CLUCTH PLATE ; berputar mengikuti clucth center (palate kopling). 
Penyetelan pada sistim kopling manual,yang utama yaitu di lakukan pada lengan penekan kopling (clutch arm). Dengan cara melonggarkan mur pengunci (lock nut) terlebih dahulu.kemudian memutar mur penyetel (nut adjustter) sesuai jarak main bebas standar. 

Sebelum melakukan pada lengan penekan kopling (clutch arm). Posisi penyetel (ajuster) pada ujung kabel yang berada dihandle kopling,harus pada posisi ulir di sekrupkan full ( mentok).

Cara menyetelnya singkapkan karet penutup,kemudian kendurkan baut pengunci dan putar penyetel sesui jarak main bebas standar. Jika semua tips udah dilakukan dengan sempurna. Tinggal diraskan dan coba.

cara kerja kopling otomatis.
kopling jenis ini bekerja berdasarkan adanya gaya sentrifugal saat mesin bekerja. sehingga untuk kopling otomatis tidak perlu agi menggunakan handle kopling seperti halnya kopling manual.

mekanisme kerja kopling otomatis, susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling otomatis, akan menempatkan kampas kopling dan plate kopling merenggang, hal ini berbeda dengan susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling manual. Dimana antara plate dan kampas kopling merapat.


Pada saat mesin putaran langsam, kampas dan plate kopling masih merenggang, sehingga putaran mesin dari poros engkol belum terhubung menuju TRANMISI dan roda belakang.

Pada saat putaran mesin bertambah, gaya sentrifugal bekerja pada clucth weight sehingga weight (bandul) bergerak menekan clucth plate, hal ini akan menghasilkan merapatnya kampas dan plate kopling, sehingga putaran mesin dari poros engkol akan dihubungkan ke TRANMISI dan akan dilanjutkan ke roda belakang.

Pada saat kendaraan sedang berjalan, proses pemindahan gigi adalah sebagai berikut: sewaktu pedal versneling ditekan, handle kopling akan memutar lifter cam, sehingga posisi peluru pada ball retainer yang merapat dengan lifter cam akan berpindah tempat.

Hal ini akan menyebabkan lifter cam terdorong dan selanjutnya akan mendorong clucth outer. Akibat terdorongnya clucth outer maka posisi clucth plate yang sedang ditekan oleh bandul, bergerak menjauhinya. Pada keadaan ini akan menyebabkan plat dan kampas kopling kembali merenggang, sehingga pengoperan gigi dapat mudah dilakukan, karena akibat merenggangnya kampas dan plate kopling, hal ini berarti putaran poros engkol ke TRANMISI terputus.

Apabila tekanan pada pedal versneling dilepas kembali maka outher clutch kembali pada posisi semula, dan bandul kembali menekan clucth plate, sehingga plat dan kampas kopling kembali merapat, dan putaran poros engkol kembali dihubungkan ke TRANMISI. Pada cara kerja sistim otomatis. sistim ini hampir semua jenis motor bebek sama cara menyetelannya.tinggal kita menemukan tempatnya. periksalah bak mesin kanan dan kiri di situlah tempat penyetelannya. 

Pemeriksaan kopling otomatis.
  • hidupkan mesin dan masukan presneling ke gigi 1, kemudian pedal kopleng tetap ditekan pakek kaki. 
  • gas tangan dibesar-besarkan sambil dirasakan,dan pastikan bahwa pada motor tidak boleh ada gerakan terlebih dahulu atau usaha untuk maju. 
  • periksa juga pergerakan pertama/start maju,jika tidak terasa ada sentakan atau hentakan dan pemindahan gigi disetiap tingkatan mudah dan lancar . Itu artinya kopleng dalam keadaan ok. 

gambar menyetel kopling otomatis
Cara menyetel jarak main bebas operan gigi versneling kopling otomatis.
Longgarkan mur pengikat,putar baut pengikat searah jarum jam 1 putaran, kemudian dari posisi ini, putar baut penyetel berlawanan arah jarum jam sampai terasa ada sentuhan, kemudian putar kembali searah jarum jam 1/8 atau 1/4 putaran dan tahan penyetel, kemudian kencangkan baut pengikat.

Bagian-bagian utama kopling otomatis: 
  • CLUTCH OUTHER. 
  • DRIVE PLATE. 
  • CLUTCH WEIGHT. 
  • CLUTCH CENTER. 
  • DRIVE GEAR OUTHER. 
  • CLUTCH PLATE. 
  • CLUTCH DISC. 
  • BALL RETAINER. 
cara kerja Kopling ganda.

Kopling ganda terdiri dari kopling primer yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal dan kopling sekunder yang bekerja secara KONVENTIONAL atau disebut juga SHIFT CLUTCH.

Bagian-bagian kopling primer:
  • Clutch shoe (sepatu kopling) yang berputar mengikuti poros engkol.
  • Clutch drume (rumah kopling) yang berhubungan dengan kopling konventional.
Mekanisme kerja kopling ganda, pada saat poros engkol berputar rendah (mesin putaran langsam), clutch shoe (kampas kopleng) belum mengembang, karena masih tertahan oleh per, dengan demikian clutch drume juga belum berputar pada saat putaran mesin mulai meninggi, maka clutch shoe mulai mengembang karena adanya gaya sentrifugal, dengan mengembangnya clutch shoe maka clutch drum akan ditekan (seperti pada proses rem tromol), sehingga clutch drum akan berputar yang akan meneruskan putaran kekopling skunder, dan kopling skunder akan melakukan proses, seperti halnya kopling manual yang telah jelaskan.

Kopling ganda digunakan pada sepeda motor tipe cub (bebek), dengan tujuan untuk mengatasi hentakan pada saat sepeda motor masuk gigi satu pada awal start.

INFORMASI SERVIS
  • perbaikan kopleng dapat dilakukan tanpa menurunkan mesin.
  • Kekentalan serta jumplah kapasitas oli didalam mesin, akan mempengaruhi sistim kerja kopling, 
  • periksalah jumlah oli didalam mesin, apabila ada kelainan didalam kerja kopling, sebelum kopling diperbaiki.
Untuk jenis kopling otomatis seperti yang digunakan pada tipe cub, pengunaan oli additive akan mempengaruhi cara kerja kopling, yaitu kopling akan lebih cepat slip, karena viscositas oli akan semakin licin. 
Template by DSM