komponen karburator motor dan funsinya


karburotor dirancang dan dibentuk sedemikian rumit, dengan tujuan karburator mampu mensuplay kebutuhan mesin pada setiap kondisi, baik itu beban ringan atau beban berat.
Diharapkan karburator mampu mensetabilkan campuran yang dibutuhkan mesin, dengan tetap menyetabilkan di campuran ideal. Karena adanya aturan bebas dari polusi, maka karburator juga harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk itu diperlukan sistim karburator yang benar-benar mumpuni dan tentunya harus ada komponen yang mendukung. Apa saja komponen yang diperlukan karburator ? Ada berapa macam komponen-komponen tersebut? Berikut komponen karburator dan fungsinya.


gambar karburator dan komponen pendukung.


komponen karburator.
  • Ruang bahan bakar.
  • Choke valve.
  • Piston valve (throttle valve).
  • Main jet atau saluran utama.
  • Slow jet.
  • Piston valve screw.
  • Pilot screw.
  • Pompa akselerasi.
Ruang bahan bakar.
semua karburator membutuhkan suplai minyak yang konstan dan stabil. Penyupelai bahan bakar dari tangki motor, akan selalu dikendalikan oleh pelampung dan jarum pelampung. Pelampung berfungsi mengatur dan mengontrol pergerakan jarum pelampung berdasarkan jumplah minyak yang terdapat di dalam ruang penyimpan minyak didalam karburator.
Jarum pelampung berfungsi untuk menutup dan membuka saluran minyak dari tangki motor.\bila jumlah minyak didalam ruang penampung karburator telah mencapai ketinggian tertentu atau telah penuh, maka jarum pelampung akan menutup saluran minyak tersebut dan sebaliknya.
Jika minyak telah berkurang maka pelampung akan turun dan jarum pelampung akan membuka saluran minyak yang dari tangki motor.

Choke valve.
Choke valve secara umun disebut cuk. Fungsi dari pada cuk adalah untuk memperkaya campuran bahan bakar atau minyak, terumata pada saat mesin dalam keadaan dingin.Untuk menghasilkan campuran minyak dan udara yang kaya, pada saluran masuk karburator dipasang sebuah piringan (choke) yang dapat menutup saluran utama karaburator.

Pada saat choke valve ditutup, kevakuman yang terjadi disaluran udara masuk akan ''memaksa'' bahan bakar lebih banyak keluar dari ruang bahan bakar atau ruang penampung di karburator sehingga campuran menjadi kaya.

Piston valve (throttle valve).
Secara umum fungsi komponen karburator yang ini, untuk mengatur besar dan kecilnya saluran venturi, tetapi kalo kita pelajari lebih jauh lagi, piston valve untuk mengatur jumplah besar dan kecilnya gas bahan bakar yang masuk kedalam silinder mesin atau ruang bakar. Dilihat dari sisi ini maka fungsi piston valve adalah: Merubah putaran mesin.
Mempertahankan kecepatan mesin atau motor pada beban yang berbeda-beda.

Piston valve atau throttle dilengkapi dengan jarum skep atau jet needle, dan fungsi dari jarum skep adalah untuk mengatur jumlah bahan bakar atau minyak, yang keluar dari saluran utama ( main jet).

Di jarun skep sendiri terdapat beberapa titik pengaturan, yang dapat digunakan untuk mengurangi atau menambah minyak yang keluar dari saluran utama atau main jet.


Main jet atau saluran utama.
Main jet atau saluran utama berguna untuk menyuplai keperluan minyak yang dibutuhkan mesin sesuai dengan tingkat kecepatan putaran mesin motor. Baik pada putaran tinggi, menengah, dan cepat sesuai dengan beban motor itu sendiri.

Slow jet
Saluran slow jet berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam silinder mesin pada saat mesin dalam keadaan putaran langsang .Dan pada proses ini, piston valve atau throttle dalam posisi menutup rapat.

piston valve screw.
Baut penyetel ini berfungsi untuk, menyetel throttel mengatur besar kecilnya idhlle atau putaran langrang. Putaran langsam motor berkisar antara 3000RPM (rotasi putaran permenit). Cara mendapatkan putaran langsang yang sempurna. Pada motor bebek bisa didapatkan dengan merasakan getaran atau vebrasi terendah. untuk motor sport sama cara mendapatkanya atau lihat pada jarum sepedo meter untuk putaran RPM.

pilot screw.
Screw ini berguna untuk mengatur jumplah aliran udara yang masuk ke ruang silinder,sehingga di dapatkan campuram yang tepat pada waktu mesin putaran langsam.

Pompa akselerasi.
Pompa akselerasi ini gunanya untuk menambah jumlah minyak saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran, dari putaran rendah keputaran tinggi. Penambahan bahan bakar ini diperlukan, sebab pada saat piston valve( throttle) terangkat kevakuman akan turun sehingga suplai minyak akan berkurang yang akan menyebabkan detonasi atau ledakan.




prinsip kerja dan bagian yang berfungsi.

putaran langsam
Adapun prinsip kerja dan bagian-bagian yang berfungsi di saat mesin berubah-ubah kecepatan. Putaran langsam (idle speed), Pengertian putaran langsam adalah putaran mesin terendah tanpa beban sesuai dengan standar pabrik.

Pada kondisi ini piston valve dalam keadaan tertutup, dan saluran utama tidak mengeluarkan minyak. Udara mengalir melalui saluran udara ( slow air bleed) menuju saluran slow jet.jumplah campuran minyak dan udara yang dihasilkan umumnya hanya cukup untuk mempertahankan mesin tetap hidup di vebrasi minimun.


Pada kondisi ini saluran-saluran yang aktif adalah:
  • Slow air bleed.
  • Slow jet.
Bila putaran langsam tidak sesuai dengan ketentuan, dapat di koreksi dengan memutar sekrup katup trottle ( pilot valve screw) hingga di peroleh putaran mesin yang tepat.

Putaran menengah.
Maksud dari putaran menengah, yaitu pada saat mesin berputar kira-kira setengah dari putaran maksimum mesin, dan pilot valve. Posisi gas tangan berada pada setengah lintasan maksimumnya. Pada kondisi ini venturi yang terbentuk juga setengah dari venturi maksimum.
Dalam keadaan ini, udara akan mengalir melalui saluran venturi dan saluran idle ( slow air bled ). Jarum skep terangkat mengikuti piston valve, maka bahan bakar akan mengalir dari saluran utama (main jet) dan juga dari saluran idle (slow jet).

Jumplah minyak yang keluar dari saluran utama akan diatur oleh jarum skep yang berbentuk tirus, sesuai dengan celah yang ada antara saluran utama dan jarum skep. Oleh sebab itu, penempatan klip atau penyetel jarum skep sangat menentukan. Dalam hal ini jumlah posisi klip penyetel umumnya berkisar antara 3-5 buah.

Dengan demikian, komponen-komponen karburator yang berfungsi pada kondisi mesin putaran menengah adalah:
  • Venturi air bleed.
  • Slow jet.
  • Main jet.
  • jet needle.
  • Piston valve.
Putaran tinggi.
Maksud dari putaran tinggi disini adalah mesin berputar pada putaran maksimum. Pada keadaan ini, gas tangan ditarik penuh. Dengan demikian, piston valve berada pada kondisi terbuka full dan jarum skep terangkat penuh sehingga lubang saluran utama tidak tertutup lagi oleh jarum skep.Udara akan mengalir sepenuhnya melalui venturi yang telah terbuka maksimum. Udara akan menarik minyak sepenuhnya melalui saluran utama.

pada saat mesin putaran maksimum, terjadi hal yang spesifik. Aliran udara dan aliran minyak, yang sudah tercampur menjadi gas bergerak sangat cepat. Namun pada kenyataannya partikel minyak lebih cepat mencapai ruang silinder dibandingkan udara. Sehingga sewaktu gas di kompresi, komposisi campuran menjadi kaya. Campuran kaya akan menghasilkan polusi dan pemborosan bahan bakar.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka karburator dilengkapi dengan main air bleed.

Adapun tujuan ditambahkannya saluran udara ini, untuk menambahkan atau menyuntikkan udara ke dalam aliran pada saat putaran tinggi.sehingga komposisi campuran dapat dipertahankan sesuai standar yaitu 1:15, sekaligus untuk mengendalikan emisi gas buang dan meningkatkan efesiensi pengunaan bahan bakar.


Dampak yang terjadi kalau sampai saluran ini tersumbat yaitu bahan bakar jadi boros pada putaran tinggi dan peningkatan kadar polusi gas buang.

Istilah lain untuk saluran ini ialah koreksi campuran bahan bakar (mix correction passage) gunanya untuk memperbaiki komposisi campuran agar slalu tepat.
Dari uraian panjang diatas dapat kita simpulkan, komponen-komponen karburator yang bekerja pada saat mesin di putaran tinggi.
  • Venturi maksimum.
  • Jet needle maksimum.
  • Saluran utama (main jet).
  • Main air bleed.
Template by DSM