Cara servis shock breaker depan sepeda motor dan ukuran jumplah oli sok

Shock motor khususnya bagian depan ternyata memiliki oli yang harus di ganti pada waktunya , mungkin tidak semua orang tahu bahwa penggantian oli shock ini penting karena agar kinerja shockbreaker menjadi lebih empuk. Buat ara pengguna motor jika motor sudah menempuh jarak waktu 1 tahun atau sudah menembuh kira kira sekitar 15.000 sampai 20.000 KM maka jangan lupa untuk mengganti oli motor shockbreaker khususnya bagian depan.Selain Membuat motor menjadi empuk , jika diganti tentunya akan lebih nyaman lagi motor tersebut saat dikendarai.


Untuk Pengganti oli shockbreaker depan motor sebenarnya ada banyak cara , tapi pada kesempatan ini saya ingin sharing informasi memberikan cara mudah mengganti oli shockbrekaer dengan tujuan yaitu mempersingkat waktu dalam pengerjaannya. Fungsi dari shockbreaker yang kita ketahui yaitu untuk meredam getaran dan juga untuk menjaga kestabilan motor saat menikung atau melewati jalan jalan yang tidak rata alias rusak. Biasanya untuk wilayah desa sering sekali banyak jalan rusak tapi kalau di kota biasanya jarang karena sudah di aspal semuanya.

Bagi anda yang kepengen belajar ganti oli shock sendiri tapi tidak tahu caranya dan volumenya seberapa banyak mungkin artikel dibawah ini bisa membantu anda. Untuk Mengganti oli shock breaker sendiri sebenarnya cukup mudah tidak terlalu sulit untuk lebih jelasnya mungkin langsung saja cek it dot langkah langkahnya dibawah ini :

Cara Mengganti Oli shock dan juga di lengkapi seal nya.


1. Pertama yang anda lakukan adalah buka terlebih dahulu dan copot ban depan setelah itu lepas juga bagian spakboard depan agar lebih mudah dalam penggantian shock motor dan juga untuk memasukan oli shocknya.
2. Setelah itu anda bisa gunakan kunci untuk mengendorkan Baut L yang berada di ujung bawah front fork /shock bleker
Jika bagian diatas tadi sudah anda kendorin maka selanjutnya anda copot satu persatu shockbleker nya
3. Kalau sudah di copot terus selanjutnya anda buka baut L yang tadi di kendorin ,langkah selanjutnya tentunya anda harus keluarin oli nya sampai bersih.
4. Kemudian anda tarik as shock bleker yang atas nya yang mengkilap sampai copot
5. Kemudian anda bisa membersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus (bis menggunakan kain baju dalam) intinya kain lembut untuk membersih sampai bersih.
6. Kemudian setelah itu anda bisa periksa bagian seal nya,apakah masih bagus atau sudah jelek ,jika terdapat ada karat nya atau sudah rusak maka anda bisa mengganti seal nya dengan yang baru agar lebih maksimal dan joss gandoss.
7. Jika sudah di bersihkan maka anda bisa pasang kembali as nya ke bagian bawah nya
8. Kemudian langkah selanjutnya yaitu anda tinggal memasukan oli seal nya lewat baut L yang tadi dicopot ,usahakan untuk sesuai takaran/volume oli nya sesuai dengan motor anda, anda bisa lihat volumnya dibawah ini.
9. Jika dirasa sudah pass dan sesuai volume maka saatnya anda pasang kembali baut nya dan jangan lupa untuk memberikan gasket pada baut supaya oli Gak bocor lagi.
10. Yang terakhir anda bisa pasang kembali shockbleker pada motor anda dan selesai hehe.

Volume Oli Shock Depan Honda
  • GRAND = 52 ML
  • SUPRA X/FIT = 64 ML
  • KARISMA = 68ML
  • KIRANA = 70ML
  • VARIO = 75ML
  • GL 100/ GL 125 = 80ML
  • WIN = 81ML
  • GL PRO/ MAX 157ML
  • MEGA PRO = 159ML
  • NEW MEGA PRO = 163ML
  • TIGER = 126ML
  • NEW TIGER = 135ML 
  • CS 1 =54.5ML
  • BEAT 76ML
  • BLADE = 65.5ML
  • NEW REVO 110 = 65.5ML
Volume Oli Shock Depan Yamaha
  • Vega R = 61 ml
  • Vega ZR = 67 ml
  • Jupiter Z = 61 ml
  • Jupiter MX = 64 ml
  • Vixion = 230 ml
  • Scorpio spoke = 252 ml
  • Scorpio CW = 244 ml
  • RX king = 177 ml
  • Mio Soul / Mio = 53 ml
  • New Mio = 60 ml
  • Nouvo = 63 ml
Volume Oli Shock Depan Suzuki
  • Shogun 125 / F1 / Smash = 51 ml
  • Spin / Skywive / Skydrive = 55 ml
  • Satria F = 103,5 ml
  • Thunder 125 = 150 ml
  • Thunder 250 = 250 ml
Volume Oli Shock Depan Kawasaki
  • Blitz 52,7 ml
  • Kaza 52,3 ml
  • Kaze ZR 64 ml
  • Ninja 250 310 ml
  • BAJAJ 
  • Pulsar 180 145 ml
  • Pulsar 200 165 ml
  • XCD 125 145 ml
Data diatas di ambil dari berbagai sumber.
Nah bagaimana …? Cukup mudah bukan , cara diatas kalau bisa anda praktekan sama teman yang jago otomotif agar lebih cepat paham.

Template by DSM