motor setater merupakan tenaga penggerak awal di samping kick stater, sampai mesin hidup. kelemahan pada battery akan mengakibatkan motor setater kurang cepat berfungsi, atau suplai arus listrik untuk sistim pengapian akan berkurang (untuk mesin dengan sisitim dengan pengapian battery).
apabila pada saat tombol setater di tekan, tetapi mesin tidak berputar, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada motor setater.
cara mengatasi gangguan pada motor setater:
1. motor setater berputar terlalu lambat.
- berat jenis air accu kurang (atau accu mati)
- terminal battery kurang kontak, kendor atau terdapat banyak korosi ( pada terminal positif maupun negatif).
- kabel motor setater kurang kontak atau kendor
- terjadi kelainan pada motor setater
2. magnetik setater perfungsi tetapi mesin tidak mau beputar:
- adanya maslah pada mesin, terutama pada bagian poros engkol
- terjadi kelainan pada sistim setater pinion
3. motor setater berputar, tetapi mesin tidak mau berputar:
- terjadi kelainan pada sistim setater clucth
- kerusakan atau kelainan pada setater pinion
4. motor setater tidak berputar: tidak berbunyi " klik"
- periksa kondisi sambungan kabel magnetik setater dan kabel masa
- apabila kedua hal tersebut dalam kondisi baik, hubungkan kembali swit konektor kemudian ukur tegangan magnetik setater pada bagian swit konektor.
- apabila hasil pegukuran menunjukan tegangan yang baik, periksa operasional kerja magnetik setater.
- apabila kerja magnetik setater kondisi ab-normal tegangan, ganti magnetik setater dengan yang baru.
- apabila kerja magnetik setater normal, berarti terjadi sambungan yang kurang baik pada konektor.
5. motor setater tudak berputar tetapi berbunyi " klik"
- hubungkan kabel positif motor setater dengan battery
- apabila motor setater berputar,
- terjadi kerusakan pada ; magnetik setater dan hubungan kabel kurang kontak atau longgar.
- jika motor setater tidak berputar
- terjadi kerusakan pada motor setater
baca juga : Kepala silinder (cylinder head) dan komponen
perhatian:
kunci kontak agar selalu pada posisi off (mati), sebelum memperbaiki sistim setater motor, untuk menghindari terjadinya motor hidup secara tiba-tiba, yang akan mengakibatkan kecelakaan.