cara merawat motor injeksi dengan benar


Dalam era maraknya motor injeksi banyak beberapa vendor besar motor di Indonesia yang sudah mengeluarkan berbagai jenis motor injekasi. Kegunaan sistem injeksi pada kendaraan sepeda motor memang sangat diperlukan, selain berfungsi untuk menghemat bahan bakar juga tentunya ramah lingkungan meskipun sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan bila dibandingkan dengan motor biasa. Injeksi sendiri memanfaatkan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin, penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Maka jelas sekali injeksi memiliki konsumsi listrik, dalam hal ini adalah Aki.
 dunua servis motor

Berikut Beberapa Tips Cara Perawatan Motor Injeksi


Check selalu selang bahan bakar
Fungsi Injeksi yaitu menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh peranti Electronic Control Unit (ECU).

Pemeriksaan selang bahan bakar perlu dilakukan setelah menempuh jarak 2.000kilometer untuk mengetahui kotor atau bocornya selang tersebut yang akan tidak memaksimalkan kerja injector meskipun komponen lain juga berperan dalam ketepatan system kerja ini.

Pengecheck posisi klep injector
Agar kerja injector benar-benar tepat, pastikan klep berada diposisi yang tepat. Dalam artian tidak terlalu renggang dan tidak terlampau rapat. Meskipun klep sudah di program oleh pabrikan. 

Mengapa bila terlalu renggang? Karena asupan bahan bakar ke peranti itu akan berlebih dan sebaliknya bila terlalu rapat. Akibatnya, proses pembakaran tidak sempurna dan tenaga mesin loyo atau motor boros bahan bakar.

Pengecheckan busi dan filter udara
Dalam menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran tergantung dari ketepatan pantikan api dari busi dan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar. Proses pembakaran yang tidak sempurna selain menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo. 

Oleh karena itu bersihkan busi, atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan kutub busi. Begitu pun dengan filter udara. Bila kotor segera bersihkan, sedangkan bila sel-sel kertas telah sangat kotor atau rusak lebih baik segera menggantinya. 

Jika filter yang rusak atau kotor, hembusan udara ke ruang bakar juga terhambat. Padahal, kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan bahan bakar
baca juga disini

ECU merupakan otak yang mengatur keseluruhan unit injector. Karena takaran dan buka tutup klep sangat berpengaruh apabila terjadi kerusakan pada ECU . Penyebab kerusakan ECU diantaranya kelistrikan over supply, rendahnya sember listrik, korsleting dan lainnya. 

Oleh karena itu bila melakukan modifikasi yang menggunakan asupan tenaga listrik yang lebih sebaiknya anda memikirkannya. Pastikan keberadaan aksesoris tambahan itu tidak berpengaruh ke sistem kelistrikan dan mengganggu ECU.

Gunakan bahan bakar yang berkualitas
Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap mesin injeksi. Oleh karena itu sebaiknya anda gunakan bahan bakar berkualitas yang oktannya sesuai dengan standar pabrik pembuatnya. 

Pemakaian bahan bakar berkualitas buruk serta oktan booster dengan spesifikasi yang tidak sesuai dapat menyebabkan tersumbatnya lubang injektor. Sehingga berakibat spray quality atau kemampuan menyemprot kabut gas pada injektor jadi kurang sempurna.

Perhatikan kondisi aki
Motor injeksi memanfaatkan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin, penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Maka jelas sekali injeksi memiliki konsumsi listrik, dalam hal ini adalah Aki. Oleh karena itu perhatikan kondisi aki secara rutin, segera ganti aki motor injeksi anda jika sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal. Jangan tunggu sampai aki benar benar soak.

Check kondisi injector
Jika anda belum berpengalaman dalam membersihkan injector sebaiknya anda di damping oleh ahlinya. Karena jika ingin membersihkannya dengan asal menyemprot dengan cairan pembersih injector ini dapat mengakibatkan kinerja injector kurang sempurna. 

Berikut hal yang harus anda perhatian ketika membersihkan injector:
  • Cairan pembersih injektor dan throttle body tidak boleh mengandung kadar solven terlampau tinggi.
  • Saat membersihkan throttle body, disarankan menggunakan sarung tangan karet untuk menghindari gaya elektro statik yang dapat mempengaruhi sensor-sensor.
  • Dibutuhkan alat khusus (regulator) yang dapat diatur tekanannya saat menyuntik cairan pembersih injektor.
  • Servis Injektor dan throttle bod tiap 10.000km
Template by DSM