cara mengatasi suara ledakan atau nembak pada sepeda motor


Suara Letupan atau nembak-nembak pada sepeda motor itu bukan tidak ada sebab, ini biasa terjadi tidak hanya pada motor tua atau lama. bahkan pada motor yang tergolong baru. nah, sebenarnya apa penyebab letupan ini?.


memperbaiki letupan pada knalpot sepeda motor itu mudah asal tahu penyebabnya. Letupan pada sepeda motor umumnya terjadi ketika menurunkan gas, penyebabnya bisa karena akibat ada kebocoran pada seputar asbes knalpot maupun pipa knalpot, bisa juga diakibatkan ada kebocoran pada sistem udara secondary atau SAS pada sepeda motor honda ( pada kendaraan model baru ada ablas tambahan pada head). bisa juga setelan angin karburator yang tidak pas, atau malah busi yang sudah usang atau menandakan mau mati.

Cara mempebaiki letupan pada sepeda motor dan untuk memperbaikinya mudah saja, telusuri saja kemungkinan2 dari kerusakan di atas, dan berikut untuk melakukan perbaikan beberapa panduan terkait dengan point di atas.

yang akan dijelaskan disini posisi sepeda motor setabil dan dalam kondisi prima, tapi sering terjadi ledakan-ledakan dan dalam tempo yang tidak terlalu lama dan sering.

pada umumnya ledakan itu terjadi pada sepeda motor jenis baru dan yang menggunakan sistim SAS, atau pada sisitim suplai udara segar yang menuju ke kenalpot.

tips mengatasi suara nembak-nembak pda motor.:
  • carilah sistim SAS atau alat yang menyuplai udara segar ke kenalpot
  • buka sambungan antara selang karet dan selang besi
  • sumbat pada selang besi atau ditutup, jangan sampai ada udara yang bisa lewat melalui lubanag tersebut.
  • pasang kembali dan rasakan pedanya.
catatan
jika masih terjadi suara mletup atau nembak-nembak, tutup selang vakum dari laher angsa karburator yang menuju ke sistim SAS. dan tips ini berlaku untuk semua jenis kendaraan sepeda motor.
Template by DSM