manfaat dan kelebihan isi ban sepeda motor dan mobil menggunakan netrogen


Tehnologo yang semakin canggih,pemahaman pun kian betambah. dulu masarakat hanya tahu mengisi angin pada ban sepada motor mauapun mobil haya menggunkan tenaga komresor, di tukang tambal ban pinggir jalan atau tempat-tempat yang menyediakan jasa isi ban.


bahkan sedikit flash beak lagi,tak sedikit yang masih menggunakan pompa tangan atau pompa kaki untuk mengisi angin pada ban kendaraan.



 dunia servis motor


namun kini marak pengisian angin ban sepeda motor atau mobil menggunakan netrogen, dan hampir di setiap SPBU menyediaan isi angin ban menggunakan netrogen, dan umumnya tarif pengisian awal Rp 10.000, dan pengisian selanjutnya Rp 3.500 - 5000, utuk satu buah ban sepeda motor.

untuk pengisian pertama kali, angin lama pada ban yang kita isi mengunakan kopresor atau pompa tangan, kita buang dahulu. setelah ban benar-benar bersih dari angin lama baru di isi dengan netrogen atau pakai jasa tukang pengisi ban yang menggunakan netrogen.

pengertian gas netrogen
Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam table periodik, yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan dengan wujud sebagai gas tanpa warna , tanpa bau , tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil , sangat sulit bereaksi dengan unsur senyawa lainnya . Nitrogen di namakan sebagai zat lemas karena zat ini berfisat malas , tidak aktif bereaksi dengan unsur lainya . Nitrogen mengisi 8,08% atmosfer bumi dan juga terdapat dalam banyak jaringan hidup.


lebih bagus dan lebih baik mengisi ban menggunakan netrogen, karene kandungan air yang rendah. sehingga pada ban tubeless, pelek tidak cepat berkarat tekanan bisa setabil pada berbagai kondisi dan suhu. ban juga lebih baik dan awet , tidak mudah memuai dan benjolkarena benturan. pengisian ban menggunakan netrogen ban jarang kempis, dan keretakan pada juga bisa di antisipasi.


keuntungan menggunakan n2 pengisi sebagai ban

  • Tekanan ban lebih terjaga tahan lama (maksudnya adalah menjadi jarang melakukan pengisian ulang)
  • Daya cakram dan kinerja pada ban menjadi lebih optimal akibat grip yang baik , dan tekanan yang tidak berkurang
  • Menghemat BBM ( karena meringankan kerja mesin)
  • Meningkatkan keselamatan ,dikarenakan memiliki tekanan ban yang tepat dan stabilitas yang terjaga
  • Memperpanjang umur pakai Ban kendaraaan , karena tekanan ban yang tepat , menjadikan ban habis secara merata.
  • Tidak terjadi oksidasi pada karet ban sehingga memperpanjang umur elastisitas karet ban kendaraan.
  • Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban dan juga mengurangi kecelakaan akibat pecah ban /overpressure.

ada anggapan kurang pas, kalau netrogen hanya untuk ban tubeless, justru bab dengan ban dalam lebih cocok menggunakan netrogen . karena sifat netrogen yang setabil, sehingga ban tidak mudah memuai, bobot netrogen juga lebih ringan 5 persen dari udara biasa, dan ini memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih irit, karena bobot ban sedikit lebih ringan.

kekurangan N2 sebagai pengisi ban.

Harga Pengisian yang terbilang masih mahal
Untuk pengisian ban dengan nitrogen N2 umumnya di patok dengan harga sekitar 10 ribu sampai 20 ribuan untuk setiap ban kendaraan. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena memang harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian di isi gas N2 . Untuk biaya kuras kurang lebih harganya sekitar 5 ribu sampai dengan 10 ribu rupiah.

Perawatan
Untuk perawatan sendiri sangat mudah yaitu setiap kali ban sudah terisi dengan gas N2 maka langkah selanjutnya jika tekanan berkurang maka tinggal menambah dengan Gas N2 lagi .

Ketersediaan.
Untuk ketersediaan pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraan masih belum begitu banyak bengkel yang menyediakannya.

tips dalm melakukan pengisian.
  • ketika akan mengisi netrogen pertama kali, buang dulu angin ban lama secara menyeluruh, tujuannya mencegah molekul gas yang terdiri dari berbagai ungsur bercampur dengan netroge.
  • kalau netrogen bercampur udara biasa, menyebabkan tekanan ban jadi kurang setabil. sebaiknya kuras secara manual dengan membuka tutup pentil ban, dan alat untuk membuang angin lama biasanya digunakan oleh usaha jasa pengisian netrogen.
  • ukuran netrogen pada ban, berkisar 31-33 Psi. sesuaikan tekanan pada medan yang akan dilalui, jika banyak lubang dan panas sebaiknya tekanan dikurangi.
  • periksa tekanan ban minimal satu minggu sekali, akan lebih baik menguras total netrogen pada ban dan melakukan pengisian ulang secara penuh.
demikain tips, manfaat dan kelebihan netrogen untuk di gunakan mengisi ban kendaraan kita.
Template by DSM