Cara memeriksa dan menyetel stang motor

Sistim kemudi stang motor fungsinya untuk pengarah jalanya kendaraan, membelokan roda depan ke kiri dan ke kanan, dengan cara mengunakan tenaga tangan melalui stang yang di teruskan ke garpu depan atau sok ( front frok).
jari-jari lingkaran perputaran dari suatu sepeda motor ditentukan oleh besar atau kecilnya sudut sewaktu setang kemudi di belokkan, dan juga di tentukan oleh besarnya atau kecilnya sudut kemiringan dari sepeda motornya diwaktu menikung.

selain penampilan,panjang pendeknya setang kemudi merupakan ungsur lain yang harus diperhitungkan. batang kemudi yang panjang akan ringan digerakkan, namun kendaraan menjadi tidak lincah.
sebaliknya, batang kemudi yang pendek membuat kendaraan menjadi lincah, namun kendaraan berat untuk di kendalikan.

Susunan dari sistim kemudi :
  1. batang kemudi ( handle bar ) no 1. 
  2. penghubung / jembatan garpu bagian atas ( fork top brige ) no 2. 
  3. pengapit/ pengikat stang ( handle bard holder ) no 3. 
  4. poros kemudi ( steering stem) no 4. 
  5. dukukan peluru-peluru / kones bagian atas ( top cone ) no 5. 
  6. peluru-peluru ( steel balls ) no 6. 
  7. karet penahan debu / kotoran ( dust seal ) no 7. 
  8. dudukan peluru-peluru bagian bawah / kones bagian bawah ( bottom cone ) no 8.

gambar stang motor dan komponen

untuk lebih jelas dan menyempurnakan teori bisa di lakukan langsung praket di bengkel. Sebelum berlanjut kepemeriksaan dan penyetelan. Kita bahas dulu, kemungkinan gangguan dan penyebab pada stang kemudi motor.

Ganguan :kemudi terasa berat atau kemudi terasa terlalu ringan atau kemudi cenderung membelok ke suatu arah.

Penyebabnya : 

poros kemudi ( steering stem ) di ikat terlalu kencang. 

Yang mengakibatkan bola baja tertahan pergerakannya, karna pengecangan poros kemudi / stang terlalu kencang. 


bola baja pecah / atau kekurangan gemuk ( grease ). 
Yang mengakibatkan poros kemudi tidak dapat berputar dengan lancar, dan gerakannya abalila satu atau lebih dari satu peluru atau kones tergores, aus, pecah.

poros kemudi bengkok. 
Hal ini dapat terjadi apabila pernah mengalami suatu benturan yang keras akibat tabrakan.

tekanan angin ban yang rendah.
Apabila tekanan angin ban depan terlalu rendah, maka bidang kontak antara ban dengan permukaan jalan akan bertambah besar sehingga kemudi menjadi berat.

kedudukan peredam kejut ( shock absorber ) tidak seimbang. 
Apa salah satu garbu depan / shok lebih pendek dudukannya. Maka pergerakan kemudi akan cenderung menarik kearah garbu yang pendek tadik. Kondisi ini adalah akibat pegas peredam kejut tidak sama panjang bebasnya. 

garbu depan atau belakang bengkok

Dan hal ini tidak mungkin terjadi kecuali motor pernah mengalami kecelakaan dengan benturan yang sangat keras atau pernah terjatuh. 

poros roda depan bengkok. Apabila poros roda depan bengkok, maka roda menjadi miring dan kemudi akan cenderung bergerak kearah bagian yang di tuju roda yang miring itu. 


Pemeriksaan dan penyetelan stang kemudi motor.
  • Periksalah keselarasan dari pergerakan sistim kemudi. 
  • Letakkan balok kayu atau dongkrak dibawah mesin sehingga roda depan terangkat. 
  • Belokan batang kemudi kekiri dan kekanan secara berlahan-lahan sambil merasakan pergerakannya apakah lancar atau tidak. 
  • Sebelumnya perhatikan kabel-kabel jangan ada yang menahan kebebasan sistim kemudi. 
  • Apabila kemudi terlalu berat atau terlalu ringan, putar mur pengikatnya sampai menapai ketepatan dan di rasa lancar pergerakannya. 
  • Apabila dengan cara pada nomor 3 masih tetap belum teratasi, lepaskan roda depan dan seluruh susunan sistim stang kemudi, sambil di perhatikan kemungkinan poros kemudi bengkok, bola baja / kones dan dudukannya aus /retak atau kemungkinan kurang gemuk pelumas. 
  • Periksalah tekanan angin ban sesuai standar. 
Informasi servis.

Jika menemukan sistim stang kemudi yang apabila di jalankan terasa geleng-geleng ( gedek- gedek ) dengan trus menerus baik pada waktu kecepatan sedang maupun cepat.
Periksalah ban depan dan belakang, perhatikan ban yang mana yang dirasa sudah habis, ganti dengan yang baru. 

Apabila ban dirasa dua-duanya masih bagus dan layak pakek. Periksalah ban yang mana yang dirasa begelombang dan tidak rata begesekanya dengan jalan,dan gantilah dengan yang baru. 

Penemuan dan pengalaman pada waktu servis motor dan tidak akan ditemukan diteori dan praktek manapun, bila belum merasakan dan menemukan penyebabnya.

dalam membuka poros kemudi, apabila menggunakan jenis bering yang terlepas (bola baja),tempatkan kain lap dibawahnya, agar bola baja tidak berjatuhan atau berantakan. dan perhatikan jumlah bola baja pastikan tidak ada yang hilang atau tercecer.

pada pemasangan poros kemudi, lumasi dengan gemuk atau grease pada dudukan bola baja atas dan bawah kemudian pasang boa baja. pastikan jumplah tidak kurang dan tidak lebih.

kemudian masukan poros kemudi hati-hati agar bola baja tidak lepas dari dudukanya. pasang poros kemudi pada satu tempat, kemudian pasang konus atas dan mur penyetelan, kencangkan dengan torsi yang telah ditentukan.

gerakan poros kemudi kekiri dan kekanan, sampai menyentuh batas maksimun perputaran, untuk menepatkan dudukan bola baja. pastikan bahwa poros kemudi bergerak dengan lancar tanpa ada hambatan atau gangguan, kemudian kendurkan mur penyetel. kencangkan kembali mur penyetel dengan torsi 1,5 kgm kemudian kendorkan 1/8 putaran.
Template by DSM