Cara mengatasi motor injeksi yang tidak mau hidup setelah kehabisan minyak


motor injeksi apapun jenisnya, motor keren-keren keluaran jaman sekarang ini.yang punya motor pasti kebingungan motornya kehabisan minyak, dan setelah diisi minyak ternyata motor tidak mau hidup lagi. tidak usah panik dan bingung, ada tips dan pertolongan pertama yang tentunya tidak perlu repot-pepot dibawa ke bengkel.

catatan disini yang dibahas masalah yang terjadi karena kehabisan minyak dan bukan masalah-masalah kerusakan secara teknik, 

Lansung saja pada pokok masalah.jika motor jenis injeksi kesayangan kita tiba-tiba kehabisan minyak, dan setelah di isi minyak teryata motor tidak mau hidup kembai, tidak usah panik atau binggung. Dan STOP jangan berusaha menghidupkan atau menstater mengunakan elektrik stater, nanti malah rusak atau soak akinya. Dan tidak usah mencoba menghidupan pakek kick stater atau stater kaki,

Tips dan solusinya:


Putar kunci kontak pada posisi ON jangan di stater, dengarkan dibagian tangki tepatnya dibawah jok motor ada bunyi mendenging atau tidak. Jika masih ada bunyi mendenging biarkan sampai mati bunyinya.

Matikan atau OFF kan lagi kunci kontaknya, dan ulangi lagi proses ini beberapa kali. Sampai dirasa bunyi mendenging terasa halus dan pelan. Boleh diulang-ulang 5-10 kali. dan coba hidupkan kebali motor tersebut enggukan kick stater atau eletrik stater, jika belum mau hidup cobalah ulangi cara di atas,dalam artian masih ada endapan-endapan udara yang terperangkap di saluran injeksi. 

jika motor sudah mau hidup itu artinya minyak sudah terpompa penuh kedalam sistim injeksi, dan tidak ada angin yang mengendap di saluran sistim ijeksi.

tujuan on off kunci kontak
Proses menghidupkan dan mematikan kunci kontak diatas, bertujuan untuk memompa minya dari dalam tangki ke sistim injeksi.mengapa harus berkali-kali ? 

karna pada waktu minyak didalam tangki kosong secara otomatis, bukan minyak yang di pompa, oleh mesin pompa melainkan udara yang akirnya terperangkap disaluran sistim injeksi. 

Akibat udara yang dipompa, di sistim injeksi terdapat endapan-endapan udara atau secara umun di sebut '' masuk angin ''. Denga cara dihidupkan dan dimatikan kunci kotak, endapan-endapan udara yang terjebak di sistim injeksi akan terdorong keluar oleh tekanan minyak yang dipompa dari dalam tangki. 

perawatan sederhana periksa dulu kesiapan kendaraan sebelum kita gunakan, baik perjalanan jauh maupun dekat. motor jenis ijeksi, motor yang simpel perawatannya, tapi harus benar-benar dijaga dalam perawatannya.

Template by DSM