Cara menyetel rantai roda motor

Rantai roda merupakan alat penghubung roda belakang dengan mesin gigi tranmisi. Dan penyetelan rantai roda harus dilakukan secara rutin. Bila jarak main ( free play ) terlalu kecil, maka rantai roda akan semakin tegang oleh akibat gerakan dari suspensi.
Dalam kondisi seperti ini, rantai dan transmisi atau crank case bisa rusak oleh gesekan yang berlebihan, sehingga akan mengurangi kemampuan kendaraan.

Bila jarak main ( free play ), rantai roda terlalu besar. Maka ayunan rantai pada saat kendaraan sedang berjalan akan sangat besar.
Dalam kondisi seperti ini, rantai bisa terlepas dari sprocket atau gear, dan dapat merusak part yang lainnya.

Periksalah ketegangan rantai roda pada titik tengah diantara kedua gear ( gear depan dan gear belakang ).pada posisi gigi tramisi pada keadaan netral dan kendaraan pada posisi standar tegak.

Informasi servis : 

Pemeriksaan rantai roda pada saat mesin berputar, dapat melukai tangan atau jari. Untuk melihat detail main bebas ( free play ) lihat pada gambar.

Lakukan prosedur berikut untuk menyetel rantai roda yaitu : 
  • kendorkan poros roda belakang. 
  • kendorkan adjuster lock nut / mur penerik penyetel rantai. 
  • putar adjuster lock nut atau adjuster bolt untuk menyetel ketegangan rantai. pastikan skala kiri dan kanan berada pada posisi yang sama. 
bersihkan rantai roda dari kotoran dengan menggunakan minyak pembersih atau parapin dan keringkan segera,kemudian lumasi dengan oli SAE 80 atau 90,atau peumas sejenis spray.bersihkan oli pelumas yang berlebihan pada rantai, untuk menghindarkan cipratan sewaktu rantai roda berputar.

rantai dengan O-ring tidak boleh dibersihkan seperti di atas karena O-ring akan rusak dan grease akan hilang, yang menyebabkan umur rantai menjadi pendek. jangan memakai uap atau air bertekanan tinggi untuk mencuci.pakailah pembersih rantai jenis sepray atau gasoine.

untuk rantai dengan O-ring lakukan pembersihan rantai dengan diterjen yang tepat, keringkan kemudian lumasi pake oli gear 80 atau 90.

 



Jarak lentur ( main bebas ).

jarak main bebas rantai roda : 10-30 mm tergantung jenis motor yang mau di stetel rantainya. perhatian Jika posisi skala kiri dan kanan tidak sama, maka posisi roda tidak lurus. akan menyebabkan kerusakan pada ban dan ranti itu sendiri.



Pada saat motor berjalan, suspensi atau sokbeker bergerak naik turun sehingga jarak antara pusat gear / sprocket degan dan belakang akan berubah-ubah.
Oleh karena itu, diperlukan menyetel rantai roda secara rutin.agar pada saat sprocket bergerak turun naik oleh akibat gerakan suspensi atau sokbeker. Rantai tidak terlalu tegang atau kendor.
Tarik rantai ke arah atas, pada saat mengencangkan mur roda. Untuk memastikan ke dua penyetel tidak berubah dari posisinya. Dan pastikan bahwa adjuster atau penyetel kiri dan kanan pada posisi skala yang sama.

Periksa kembali jarak main rantai dan kencangkan adjuster dan lock nut. Gantilah gear satu set, untuk menjaga kenyaman dan keawetan rantai. Dan ganti pada tingkat keausan yang paling maksimal.

Untuk rantai roda yang terdapat sambungan, posisi pemasangan pada bagian ujung yang terabuka dari chain clip harus berlawan dengan arah putaran rantai roda. Untuk mengindarkan terlepasnya chain clip, oleh akibat benturan dengan chain guide atau dengan benda yang lain.

Posisi chain clip yang tidak tepat pada tempatnya, akan mudah terlepas dan akan menyebabkan rantai roda kemungkinan terlepas dan akan merusak part yang lain. Pastikan antara pivot dan pin pada rantai roda dapat bergerak dengan lancar. Apabila terjadi kekakuan berilah minyak pelumas.
Template by DSM