Motor tidak ada tenaga dikecepan 40-60 km/j

Pengguna motor metik yang setia. masalah yang terjadi di motor jenis metik. Khusnya masalah motor metik yang tenaganya berkurang atau terasa motor mau mati dikecepatan antara 40-60 km/j.
Atau pada waktu kecepatan naik antara 40-60 km/j, motor bukannya nambah kecepatanya tapi malah dirasakan menurun dan mau mati.

Tidak usah bingung dan panik, ada solusi yang mudah dan gampang untuk mengatasinya. Dan tentunya bisa diatasi sendiri. Dengan catatan dibawah kecepatan 40 km/j motor dalam keadaan normal dan tidak bermasalah.
Apa masalahnya dan gimana membetulkanya, ?
masalah terletak di filter udara. Pada motor keluaran lama hampir semua mengunakan busa elemen clener, yang bisa kita bersihkan pakai minyak atau air. Dan kemungkinan motor ngadat atau tidak ada tenagga itu sangat kecil.

Untuk motor keluaran terbaru filter udara terbuat dari kertas kasa yang tidak bisa dibersihkan, dan harus diganti. Kertas kasa yang terdapat pada motor-motor keluaran terbaru, memiliki kepadat pori-pori yang kecil dan sudah di beri cairan perangkap. Untuk menahan debu halus biar tidak  ikut terhisap ke ruang pembakaran.

Karna semakin badat dan menumpuknya kotoran-kotoran difilter, mengakibatkan pasokan udara yang dibutuhkan karburator berkurang. Akibatnya sudah pasti, pada putaran tinggi motor tidak bisa lari alias mberebet, karna tidak bisa bernafas.

Langkah-langkah untuk servis sendiri dan keperluan apa saja yang harus disiapkan. Tentunya bisa hemat biaya, tapi harus keluar biaya juga kalo dirasa part yang nanti bakalan dilepas udah rusak.tenang ada solusi lain yang bisa diterapkan tanpa harus merogoh kocek untuk biaya tambahan.

Dan alat-alat apa sajat yang disapkan yaitu ;
  • Siapkan obeng+ atau obeng bunga yang panjang. 
  • Siapkan tang atau katter. 
  • Siapkan kain lap. 
  • Siapkan bak kecil dan kuas.. 

Jenis motor dan letak filter angin. 
  • Beat lama fiter didepan roda belakang. 
  • Beat baru filter disamping kiri diatas perumahan van belt. 
  • Mio lama filter di depan roda belakang. 
  • Mio baru disamping kiri. 
  • Vixion filter dibawah jok. 
Untuk jenis-jenis yang lain saye kira semua sudah tau.selanjunya copot tutup filter, bersikan. Untuk filternya sendiri copot dan lihat, kira-kira masih layak pakai apa tidak. Saran saya bagusnya diganti bila di rasa filter sudah parah kotoran dan debu yang menyumbat difilter tersebut.


Adakah alternatif lain selain di ganti, karna belum gajian atau belum ada dananya.
Pasti ada tapi resiko ditanggung sendiri, karna ini hanya berupa alternatif. Dari pada motor tidak berjalan dan semua aktifitas tergangu, rugi waktu pastinya kalau semuat aktifatas kita tergangu hanya gara-gara filter udara yang belum bisa ganti.



Tidak usah pakai filter. 
Pake filter yang rusak tadi dengan cara dikasik lubang udara, koyakan beberapa kisi-kisi dari filter tersebut. 

Langkah terakir, pasang kembali semua komponen baik yang di ganti maupun tidak. Dan coba dijalankan dengan kecepatan diatas 40 km/j.

Template by DSM